manfaat kata maaf..

4 Nov 2010

"Sesungguhnya tidak ada seseorang yang memaafkan kesalahan saudaranya, terkecuali Allah akan menambah kemualiaan baginya" (HR. Ahmad)..


maaf..satu kata pendek dan sederhana namun punya makna yang besar. Kata inilah yang sebenarnya yang bisa menghapus semua dendam, permusuhan, kesalahpahaman, kerenggangan hubungan, rasa tidak percaya, dan apapun yang berhubungan dengan masalah hati. Apalagi apabila kata itu diucapkan dengan perasaan tulus ikhlas tanpa berharap apapun. Kata maaf-memaafkan teramat sering kita dengar dan kita pelajari, akan tetapi sangat sulit untuk kita realisasikan. Disinilah peran iman, bagi kita yang sering mengasah iman dengan ibadah dan amal keabaikan. Ia akan melahirkan sifat-sifat mulia, diantaranya pemaaf.
Dengan ini Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menjadi umat-umat yang pemaaf, terkhusus jika kita berada pada struktur tinggi dalam tataran sosial dan atau organisasi formal. Seperti pemimpin perusahaan bagi anak buahnya. Dosen bagi mahasiswanya, Orang tua bagi anaknya, Dan Suami bagi istrinya, ataupun yang lain. Dimana kita berkesempatan besar untuk membalas dan memarahi kesalahan-kesalahan orang-orang yang lebih lemah atau dibawah kita.
kesalahan adalah fitrah manusia, maka sudah sewajarnyalah kita mengulurkan kata memaafkan saat orang lain bersalah.
apakah kata maaf menunjukan kelemahan kita? aku rasa tidak..!
justru kata maaf itu yang menunjukan kekuatan kita karena berani mengakui sebuah kesalahan.
marah dan dendam bukanlah akhlak mulia, karena ia hanya akan merusak hati manusia dan merugikan dirinya. Apalah ruginya memaafkan jika Allah telah menjamin kemuliaan bagi kita..

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

foto

www.flickr.com
ewin.tool's items Go to ewin.tool's photostream